melakukan mail merge

Dalam melakukan main merge dengan Microsoft Word 2010 terdapat fitur start mail merge yang dapat membuat surat sebanyak apapun akan terasa menyenangkan dan cepat karena di sini cukup membuat satu surat kemudian data yang akan menerima surat lain atau fitur yang memang sudah tersedia di Microsoft Word 2010 itu sendiri ataupun langkah-langkah dalam menggunakan mail merge sebagai berikut
1. Pertama kali yang harus dibuat di dokumen induk atau dokumen utama contoh format sebuah formulir
2. Setelah dokumen induk selesai Simpan dengan nama contoh formulir kemudian klik tab menu mailings
3. Kemudian pilih step by step mail merge Wizard
4. Pada kotak dialog yang muncul pilih pada bagian select document type kemudian klik next:Starting document
5. Kemudian pada langkah selanjutnya pilih use the eurnet document,klik next
6. pengertian sumber data diatur(data source)untuk  mail merge Sumber data dalam contoh ini sebagai berikut
7. Tipe new list kemudian klik teks create kemudian klik next=write your letter
8. Pada kotak dialog yang muncul judul dari kolom tidak sesuai dengan dokumen induk kita Klik tombol costumize columns, kemudian pilih fied name yang akan diganti Klik tombol rename
9. ketikan nama pada change field name. Setelah selesai Klik tombol lakukan hal yang sama untuk file yang lain
10. untuk menghapus file yang tidak digunakan pilih file yang akan di hapus Klik tombol delete kemudian klik Yes dilakukan untuk menghapus file yang lain
11. Kemudian Klik tombol Ok dan mulailah mengisikan data nya untuk menambah data yang baru Klik tombol new entry
12. Setelah semua data di klik tombol,ok
13. Kemudian tentukan tempat penyimpanan dan ketikan nama data scarcernya, misalnya adalah 123 kemudian Klik tombol save
14. Kemudian klik next read your letter pada kotak dialog yang muncul Letakkan kursor di sebelah file nama kemudian klik more item pilih file nama kemudian klik Insert lakukan untuk memasukkan file yang lainnya
15. Klik tombol next with your letter
16. Pada tahap ini anda dapat melihat masing-masing isi datanya dengan klik preview your letter
17. Jika ingin melihat formulir dengan data berikut nya silakan klik tanda dan untuk melihat data sebelumnya silakan klik tanda
18. Untuk mengakhiri pembuatan formulir,klik next=complete the merge
19. untuk mencetak formulir klik print

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kearsipan

Kearsipan

Kearsipan